Dokumen Kerja Butuh Meterai Digital? Begini Cara Mendapatkannya

Bekerja secara mandiri alias berhenti menjadi karyawati yang datang ke kantor jam 9 pagi lalu baru pulang paling cepat sekitar jam 5 sore, sungguh menghadirkan pengalaman baru. Dari yang hanya terima gaji, jadi harus mengurusnya sendiri. Proses inilah yang kini saya alami dan jalani.

Senangnya sekarang makin banyak perusahaan klien yang sudah menerapkan digitalisasi di berbagai sisi. Semisal untuk mengurusi administrasi supaya akhirnya si fee bisa mampir ke rekening, saya cukup melakukan segala urusan tadi secara paperless. Mulai dari tanda tangan, hingga pembubuhan meterai digital.

Cara dapat meterai digital

Berkarya secara remote untuk suatu agensi periklanan membawa Ka Acha harus mengurusi juga urusan pembayaran gaji seorang diri. Memang sih, ada tim finance yang ikut andil membimbing dan membantu.

Walau tetap saja, ketepatan waktu pembayaran pun bergantung pada kecermatan saya dalam mengirimkan berbagai dokumen administrasi yang dibutuhkan.

Bila dokumen yang diminta klien memerlukan tanda tangan basah yang disandingkan bersama meterai fisik, akan ada modal lagi yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengiriman dokumen. Tapi, bukan sampai di situ saja.

Ada tantangan lain yang menunggu demi si fee masuk ke rekening tepat waktu. Mulai dari mengecek apakah si dokumen tiba dengan selamat sampai tujuannya. Termasuk sampai ke meja si yang mengurus dokumen kerja Ka Acha itu, pada tanggal yang nggak meleset dari jadwal terima yang diminta.

Lalu seiring berjalannya waktu, perubahan membawa angin segar. Proses yang tadinya panjang, bisa dipersingkat dengan memanfaatkan digitalisasi. Waktu dan modal bisa sedikit ditekan.

Berkenalan dengan Meterai Digital

Secara umum, penggunaan meterai bertujuan untuk menjadikan suatu dokumen menjadi sah di mata hukum. Lalu, meterai di tanah air dikeluarkan oleh Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia). Bahkan saat ini Privy adalah distributor resmi dari Peruri

Menemukan meterai fisik pun mudah. Bukan hanya bisa didapatkan di kantor Pos, melainkan di berbagai toko yang menyediakan alat tulis kantor atau layanan fotokopi, misalnya. Pun di warung juga nggak jarang meterai fisik ini ikut tersedia.

Pembubuhan meterai dalam urusan pekerjaan misalnya saja dalam proses penagihan pembayaran – dalam hal ini faktur atau invoice – berada pada kisaran nilai di atas Rp 5.000.000,- dan bila berada di bawah nominal tadi, seringnya menempelkan meterai fisik nggak diperlukan. Hal serupa juga berlaku pada dokumen kerja digital.

Sebenarnya fungsi dari meterai digital atau yang dikenal juga dengan e-meterai ini sama saja dengan meterai fisik yang biasanya kamu temukan secara umum. Hanya saja, peruntukannya yang berbeda.

Bila meterai fisik untuk dokumen cetak, maka meterai digital hanya dikhususkan penggunaannya bagi dokumen soft copy alias digital saja. Kedudukannya pun sama serta sah di mata hukum yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai.

Keuntungan penggunaan meterai digital, seperti yang sedikit Ka Acha singgung di atas, adalah mudah dan cepat untuk digunakan. Kamu nggak perlu khawatir kalau meterai tadi robek atau hilang.

Bagaimana Cara Mendapatkan Materai Digital?

Ada berbagai perusahaan yang menyediakan layanan e-materai yang bekerjasama dengan Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia) sehingga bisa turut menyediakan materai digital ini. Salah satunya adalah Privy.

Privy sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan tanda tangan digital legal di Indonesia. Pengguna pun bisa memanfaatkan jasa yang Privy berikan, baik melalui aplikasi yang mudah diunduh pada ponsel, juga melalui situsnya.

Privy bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk melakukan penandatanganan dan pembubuhan meterai digital pada dokumen kerja, melainkan juga menyediakan fitur keamanan serta segel khusus Peruri yang hanya dapat terbaca dengan aplikasi khusus. Sehingga, meterai digital yang disediakan oleh Privy bebas dari meterai palsu atau disalahgunakan.

Belum berhenti sampai di situ saja. Privy merupakan aplikasi yang berfokus pada user-centric sehingga tampilannya memudahkan pengguna dalam memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya. Di sisi lain, pengguna juga hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit saja untuk melakukan penandatanganan pada berbagai dokumen kerja.

Nah, bagaimana sih caranya supaya bisa mendapatkan meterai digital atau e-meterai yang disediakan melalui Privy? Semudah apa sih? Jadi … beginilah caranya.

beli e-meterai di privy

  1. Kamu hanya perlu mengakses web app Privy menggunakan akun enterprise
  2. Unggah dokumen kerjamu yang membutuhkan e-meterai lalu pilih workflow
    Dokumen kerja yang bisa kamu unggah akan lebih cepat bila sudah berupa file PDF, walau untuk penggunaan file dalam bentuk lainnya pun sebenarnya bisa saja. Kamu juga bisa mengunggah hingga 10 buah dokumen dalam waktu bersamaan.
  3. Selanjutnya kamu bisa menambahkan meterai digital sesuai dengan pilihan yang tersedia
  4. Terakhir, cukup posisikan meterai digital tadi ke bagian dari dokumen kerjamu sesuai kebutuhanmu

Sebab meterai digital pun didapatkan dengan cara membayar sesuai dengan nominal yang tertera pada meterai tadi, Privy pun mempermudah kamu untuk melakukan top-up baik melalui pembayaran via Bank dan ATM maupun e-wallet langganan kamu. Mudah, bukan?

Jadi, bagi kamu yang bekerja di perusahaan atau kamu yang memang bekerja mandiri seperti Ka Acha, bisa menjajal pengelolaan dokumen kerja digital kamu yang membutuhkan legalitas tadi melalui Privy. Catatan lainnya, meterai digital di Privy pun sudah cukup banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia.

Komentar

  1. Penggunaan meterai digital dalam dokumen kerja menjadi semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan era digital. Jangan sampai kudet dan harus mencari tahu ya kak

    BalasHapus
  2. Praktis banget sekarang beli materai ya tinggal mengunjungi web Privy, kita sudah mendapatkan materai digital. Tata caranya juga mudah ya mbak, sangat membantu urusan di dunia digital.

    BalasHapus
  3. Penggunaan meterai digital ini sangat membantu. Kalau butuh melengkapi dokumen, bisa segera dilakukan kapan saja dan di mana saja. Terus banyak keuntungan juga. Termasuk mudah digunakan dengan aplikasi Privy

    BalasHapus
  4. Saat ini penggunaan materi saat mengurus dokumen menjadi lebih mudah ya ka! Ya karena sudah ada Privy sebagai distributor resmi materai digital.

    BalasHapus
  5. Keren ini kedudukannya sah di mata hukum, dan memudahkan pula untuk masyarakat dalam menggunakannya. Jadi makin sat set pemanfaatan digital ini ya

    BalasHapus
  6. Wah enak berarti ya mba pake meterai digital buat dokumen digital. Nggak perlu ribet lagi tempel, scan, trus upload ulang

    BalasHapus
  7. materai digital ini membantu banget untuk molly yg males beli materai di luar hwhee

    BalasHapus
  8. Skrg ga prlu repot lagi cari meterai. Soalnya ada e-meterai yang bs dibeli di Privy. Lengkap pula utk tanda tangan digitalnya. Jd dokumen bs lgsg terintegrasi dgn tanda tangan digital plus e-meterai yg butuh utk dokumen.

    BalasHapus
  9. Kalau ada meterai digital begini jadi lebih mudah untuk melengkapi dokumen-dokumen digital. Gak perlu ngeprint dulu lalu membubuhi meterai, abis itu discan. Sekarang harus makin praktis, efektif dan efisien.

    BalasHapus
  10. Praktis banget sih sekarang kalo mau tanda tangan digital, karena bisa include e-meterai. Pakai aplikasi Privy, jadi memudahkan syekali.

    BalasHapus
  11. Pertama kali pake Privy emang rada njlimet sih, tapi kalau udah biasa malah enak, bener-bener segampang tanda tangan basah hehe

    BalasHapus
  12. Sepertinya masih banyak luh yang belum tahu e materai ini. Padahal dengan dengan menggunakan materai digital ini, akan mempermudah semua urusan perdokumenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga kak, proses dokumen apapun yang menggunakan materai jadinya jauh lebih praktis dengan digitalisasi ini.

      Hapus
  13. Adanya meterai digital ini sangat membantu ya, Cha. Apalagi kalau urusannya dengan pencairan dana, kita kan pasti pengennya cepet satset masuk ke rekening.

    BalasHapus
  14. sekarang apa-apa udah serba digital ya. kebayang nanti prangko manual udah gak kepakai lagi. btw aku juga pernah pakai Privy untuk ttd kontrak kerja, lebih memudahkan dan efisien sih ya gak perlu ketemu

    BalasHapus
  15. Menggunakan meterai digital bisa menjadi solusi jitu dalam efisiensi dan efektivitas kerja. Selain mudah didapatkan, juga sangat mudah untuk diaplikasikan.

    BalasHapus
  16. Semakin kesini kemajuan teknologi makin mempermudah kita ya, termasuk adanya e-materai. Bisa pakai aplikasi Privy, jadi lebih mudah, praktis dan hemat waktu juga ya jadi gak perlu repot beli-beli keluar..

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah menggunakan materai digital, ternyata bisa juga didapatkan di privy ya. Saya pernah menggunakan layanan privy untuk tanda tangan digital saja

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ga perlu repot cari materai lagi deh dan urusan per-duitan jadi lebih sat set, memang dunia digital memudahkan kita ya

    BalasHapus
  19. happy ya dengan keberadaan meterai digital
    Ingat dulu karena gak mudah menemukan meterai fisik (maklum rumah jauh dari kawasan komersil), kepaksa nyetok meterai yang berakhir kadaluarsa

    BalasHapus
  20. Inilah pentingnya adaptasi teknologi dalam dunia kerja, dengan hadirnya Privy pekerjaan menjadi lebih mudah.

    BalasHapus
  21. Semakin lama paperless dan digitalisme juga makin digunakan banyak orang ya Cha. Yang penting layanannya berguna serta memberikan efek efisiensi, efektivitas, dan terjaga keamanannya. Jadi kita gak perlu materai fisik dan tanda tangan basah saat kita membuat dokumen kerjasama.

    BalasHapus
  22. Iya juga, materai digital menghindari hal-hal yang sering terjadi pada materai fisik. Seperti basah, robek, dan kedaluarsa. Serta tidak butuh lem atau air liur untuk menempel

    BalasHapus
  23. Sangat menarik bagaimana meterai digital ini bisa membantu mempermudah proses administrasi dan menghemat waktu. Apalagi di era digital seperti sekarang, di mana semuanya serba online.

    BalasHapus
  24. Memudahkan banget dengan adanya materai digital ini. Udah gak perlu repot nyari tempat yang jual yang mana cuma dijual di tempat tertentu aja

    BalasHapus
  25. Privy membantu banget ya untuk ngurus dokumen digital. Nggak perlu repot cari materai dan aman juga, karena terhindar dari materai palsu.

    BalasHapus

Posting Komentar