Kebut Dua Hari Wisata Keliling Yogyakarta

Jatuh Cinta Bareng Hotaru Di Anime A Condition Called Love Season 1

Baru saja A Condition Called Love Season 1 yang Ka Acha tonton melalui channel Youtube Ani One Asia tamat, eh … jiwa ini sudah ngarep season 2-nya langsung cilukba. Padahal masih lama.

Lagipula nih ya, komiknya yang ditulis oleh Megumi Morino dikabarkan belum sepenuhnya usai. Makanya banyak yang menduga kalau anime yang diangkat dari seri manga berjudul Hananoi-kun to Koi no Yamai ini akan ada lagi lanjutannya.

Apa pasal saya sudah ngarep season 2 anime ini lekas tayang? Oh tentu saja karena sepanjang 12 episode yang kesemuanya bisa ditonton sekitar hampir setengah jam ini, menyajikan nuansa jatuh cinta ala remaja yang dipenuhi oleh segala rupa pertanyaan batin Hotaru mengenai ‘apa sih cinta itu’, sembari mendapati betapa sabarnya Hananoi menunggu tiap reaksi lamban dari Hotaru.

Ya … walaupun nih ya, tingkah love bombing dari Hananoi itu malah dianggap too much di beberapa episode awal. Sampai jelang episode akhir, baru deh bisa dipahami kenapa tingkah Saki Hananoi kelewat lebay tapi yang tetap cool gitu sama Hotaru. Termasuk Hananoi yang kesannya … sudah, sudah, Ka Acha nggak mau lanjut supaya nggak berujung jadi spoiler buat kamu yang lagi cari rekomendasi anime romance remaja.

Kyaaa … pokoknya nih ya, Ka Acha ikut deg-degan, pipi nge-blush tanpa diminta. Hhh … kisah cinta Hotaru Hinase dan Saki Hananoi ini sukses bikin jantung jedag-jedug nggak karuan.

anime Hananoi-kun to Koi no Yamai

Profil Anime A Condition Called Love Season 1

Judul                     : A Condition Caled Love / Hananoi-kun to Koi no Yamai

Tahun Tayang    : Spring 2024

Tayang Di            : Yioutube Channel Ani One Asia

Durasi                   : 12 episode

Genre                   : Drama, Romance

Rate Age              : 13+

Bila kamu menonton anime ini secara on going, mungkin kamu akan kepikiran untuk marathon saja nontonnya. Kisahnya agak serupa dengan Horimiya. But of course tetap ada beda yang bikin geregetnya makin menyala-nyala.

Sinopsis Anime A Condition Called Love

Tersebutlah seorang gadis biasa berambut pendek yang enggan terlibat urusan cinta, Hotaru Hinase. Kejadian saat ia menyandang status sebagai siswi sekolah dasar bertahun lalu  meninggalkan trauma, dan menjadikannya enggan mengurusi masalah percintaan khas remaja.

Padahal nih ya, Hotaru ini kan juga masih remaja. Latar cerita di season 1 menunjukkan kalau Hotaru masihlah siswi SMA kelas pertama.

Tak ada yang unik dan buat Hotaru nampak mencolok di antara sesama gadis. Dia malah cenderung super duper biasa banget. Kemungkinan untuk terdeteksi keberadaannya sama para cowok populer malah cenderung sulit.

Tapi memang, Hotaru yang lembut dan kalem ini, seumur-umur nggak pernah mencicipi rasanya punya teman lawan jenis super dekat alias pacar. Ogah saja, itulah alasannya. Atau, bisa jadi keputusannya itu adalah bagian dari melindungi diri atas trauma di masa kecilnya.

Hingga di suatu waktu, saat sedang mengunjungi sebuah cafe dengan dua sahabat lekatnya, Hotaru mendapati adegan kalau teman sekelasnya yang dikenal tampan, baru saja diputusin sama pacarnya. Pakai adegan disiram minuman segala. Dialah Saki Hananoi.

Sepulang dari kegiatan ala ciwi-ciwi yang Hotaru lewati hari itu, dia mendapati Hananoi yang duduk di bangku taman sendirian. Malam jelang larut pula. Kedua matanya memejam, seolah berusaha melepas rasa sendu setelah putus cinta.

Sadar salju yang turun makin lebat, Hotaru mengarahkan payungnya untuk melindungi Hananoi. Spontan saja, sebab begitulah karakter Hotaru. Ia pun diam saja, tanpa berusaha mengajak Hananoi bicara.

Saki Hananoi main character A Condition Called Love
Cowok populer banget ya. Telinga ditindik anting merah polos, rambut rada panjang, pendiam dan doyan baca buku. 

Namun, mendapati siapa yang mendadak memayunginya, Hananoi terkejut luar biasa. Ada sesuatu yang lama ia tunggu, akhirnya kembali. Nah lho, siapa sih sebenarnya Saki Hananoi ini? Adakah masa lalunya bersinggungan dengan Hotaru Hinase?

Di sanalah, perjalanan Hotaru mengenali sebuah rasa bernama cinta, dimulai. Dari sebuah pertolongan sepele, ujungnya Hotaru malah ditembak oleh Hananoi dan diajak pacaran. Ih, Hananoi-kun ini kenapa sih?

Awalnya Ka Acha terpikir, “wah … si mas Saki Hananoi ini bukannya memberi jeda ke diri sendiri setelah diputusin, kenapa malah sat set nembak gadis lain?” Sudah begitu, cara dia menunjukkan cintanya tuh kayak terlalu luar biasa buat Hotaru gitu. Ada yang samaan?

Hingga episode yang Ka Acha tonton terus bergulir. Segala rupa puzzle yang disiapkan oleh sang penulis naskah anime A Condition Called Love ini, Hitomi Amamiya, perlahan tersusun rapi.

Lalu … saya merasa kalau tindakan Saki Hananoi bukanlah nggak masuk akal atau sekadar balas dendam pun termasuk efek dari melarikan diri atas patah hati, melainkan ia memanfaatkan kesempatan yang begitu lama ia tunggu. Saki Hananoi sesungguhnya tahunan memendam rasa suka pada Hotaru Hinase, dan nggak berani maju duluan, kemudian malah kabur dengan punya pacar sana-sini sebab paham kalau nggak ada kemungkinan untuknya membersamai Hotaru. Hadeuh sekali kamu tuh mas Hananoi.

Hotaru Hinase main character A Condition Called Love
Hotaru Hinase tuh rambut pendek, tinggi juga nggak, tomboy bukan, feminim boro-boro. Terlalu kelihatan biasa tapi malah bikin Saki Hananoi naksir ampun-ampunan

Eh … tapi takdir berkata lain. Sosok yang Hananoi hindari walau masih menyimpan segala rupa perasaannya semasa kecil di dalam hati, mendadak datang sendiri.

Deteksi Perasaan Cinta Pada Remaja Ala Hotaru Hinase dan Saki Hananoi

Ada banyak sekali pergumulan batin yang kamu bisa cicipi sepanjang kamu menyaksikan anime romansa satu ini. Apalagi, walau Hotaru mengiyakan keinginan Hananoi agar mereka jadi sepasang kekasih, Hotaru menjalaninya hanya karena ia ingin mencoba. Titik.

Catatan pentingnya, Hotaru nggak menyimpan rasa suka pada Hananoi di masa awal. Dirinya hanya berusaha mendeteksi dan mencari tahu, sebenarnya jatuh cinta itu kenapa, bagaimana, seperti apa, dan segala pertanyaan individualis lainnya. Lalu apakah ia bisa merasakan hal serupa yang selama ini teman-temannya rasakan juga?

Apakah ujungnya Hotaru Hinase hanya memanfaatkan Saki Hananoi untuk menuntaskan rasa penasarannya tentang cinta yang seumur-umur belum pernah dia kenali akibat kejadian di masa kecilnya? Atau malah Saki Hananoi yang sebaliknya meraup guna Hotaru nih?

Sepanjang Ka Acha menonton sih, saya seolah ditarik balik ke masa remaja. Waktu di mana hidup hanya berisi pertanyaan tentang diri sendiri. Persis Hotaru dan Hananoi.

main character anime Hananoi-kun to Koi no Yamai

Dibanding kelihatan sebagai pasangan kekasih, keduanya malah lebih persis teman akrab, teman diskusi, teman makan siang di sekolah, teman yang hubungannya sungguh simbiosis mutualisme sekali. Kalau saya ingat lagi, sedikit mirip sama kisah di anime Fruit Basket dimana setiap main character tuh berdekatan bukan karena beneran jatuh cinta sedari mula, tapi butuh bersama saja dulu.

Last … bila kamu ikut menyaksikan anime A Condition Called Love, mungkin kamu yang sukanya anime tema romansa yang penuh adegan manis bikin jantung deg-degan dari Hananoi atau Hotaru, harap sabar ya. Hubungan mereka akan terasa datar dan terlalu biasa.

Nah lho, kok Ka Acha malah segitu sukanya? Ya tentu karena bagi saya, urusan jatuh cinta di masa remaja malah sebaiknya begitu. Nggak terlalu panas membara. Termasuk tenang dan perlahan-lahan pun saling menjaga batasan. Selera sih ya.

Sekian. Curhatan Ka Acha pendek saja.

Kalau kamu punya niat untuk ikut menonton anime A Condition Called Love alias Hananoi-kun to Koi no Yamai ini, selamat mencicipi perasaan jatuh hati yang nggak terlalu berlebihan. Namun bersiaplah diajak Hotaru banyak merenung soal perasaan cinta yang ia rasakan.

 

 

 

 

Komentar

  1. Hananoi emang keliatan cakep sih, tinggi dan pakai anting juga. Btw, memang seharusnya begitu percintaan remaja enggak yang terlalu menggebu-gebu tapi indah dirasakan. Eh gimana ... hehehe

    BalasHapus
  2. Secara fisik, kemungkinan Hananoi tidak naksir pada Hotaru. Karena kalau masih cinta anak sekolah, jarang sekali Rasa cinta hadir karena kekaguman pada seseorang. Apalagi Hananoi langsung suka pada Hotaru hanya karena memayungi saat akan turun salju. Mungkin Hananoi hanya menjadikan Hotaru teman sepinya, tapi Hotaru jadi ada kesempatan merasakan cinta. Selanjutnya tunggu kekuatan Witing Tresno Jalaran Soko Kulino hahaha.

    BalasHapus
  3. Ya elah. Pelarianmu lho Mas Hananoi. Kok ya mesti gonta-ganti ciwik. Kalau Hotaru emoh piye jal. Seru kayaknya nih. NOntonlah

    BalasHapus
  4. Yah meski lama, seenggaknya Hananoi akhirnya bertemu dengan yang namanya waktu yang tepat. Pas diputusin pacar, cewek yg selama ini ditaksir malah datang membantu sampai akhirnya punya kesempatan untuk mendekat. Jadinya gak patah hati dan bisa dibilang, luka yang membawa hikmah. Hehehe.

    BalasHapus
  5. gak tau kenapa, kisah cinta di anime itu suka bikin gemes. padahal couple-nya biasa aja. tapi ceritanya tetap bisa menghibur dan seru diikuti

    BalasHapus
  6. Saya baru tau ternyata seru juga nonton anime itu, ya. Selama ini saya hanya nonton drakor atau drachin, kalau yang suka nonton anime itu anak saya. Ternyata seru juga, seperti cerita di A Condition Called Love ini.

    BalasHapus
  7. Wah, ada kesamaan nih saya sama hotaru hehe. Dulu pas sekolah saya pun nggak pernah punya teman cowok apalagi pacar. Biasa aja. Nggak tomboi juga nggak feminim. Tapi bedanya nggak pernah ditembak cowok. Wkwkwk

    BalasHapus
  8. Ada² aja animasimya dengan karakter seperti Hotaru. Kalo dalam kehidupan nyata bakal kek apa ya, soalnya kan kok bisa cuman pengen tahu jatuh cinta itu kek apa. Terus pas udah tahu...haddeh

    BalasHapus
  9. Saya pikir malah lebih senang kalau bisa sepasang kekasih itu persis teman akrab, teman diskusi, teman makan siang di sekolah, teman yang hubungannya sungguh simbiosis mutualisme sekali. Ujungnya ada cinta, kan makin klop tuh. Hehe...

    BalasHapus
  10. Aahh, anime yang apik nih. Lama banget gak nonton anime. Cerita gini tuh ringan dan mengembalikan momen remaja kita dulu, haha.

    BalasHapus
  11. Seru banget nonton anime. Bisa langsung nonton tanpa bayar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di channel legal gini, ada juga yang baru bisa ditonton dengan langganan, Mba. Ada juga yang free, tapi berbatas waktu kemunculannya. One day bakalan di-takeout dari channel-nya kalau sudah berakhir masa boleh disebarnya.

      Hapus
  12. Wah seru banget percintaan masa remaja menahan suka sudah lama, wkwkwk. Seru ya nontonnya di youtube mbak, aku kira di youtube nggak ada film anime kaya gini, hihi.

    BalasHapus
  13. Aduh, Hotaru jangan gituuu kasian Hananoi. Ini kalo kisah nyata udah ku doain Hotaru beneran suka sama Hananoi. Bukan sekedar coba-coba aja!

    BalasHapus
  14. Wah seru nih, kok malah jadi ingat cerita candy ya hehehe, imajinasiku langsung melayang kesana,jadinya pengen nonton anime ini juga

    BalasHapus
  15. Wahh asyik ini, kayaknya pernah lihat suamiku jg nonton ini wkwkwk aku pernah nimbrung doang krn ngga begitu suka anime, tp kalo ceritanya seru kek gini keknya mau coba ntn deh

    BalasHapus
  16. Walo Hotaru tampak biasa, tapi bisa jadi banyak pengagum rahasianya loh, xixixi.. A Condition Called Love Season 1, bikin salting deh, hehe..

    BalasHapus
  17. Sayangnya di Turki ngga ada film anime, padahal kangen juga sama film-film anime.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, di Turki nggak ada ya, Mba? Budaya j-pop ngak familiar ya di sana?

      Hapus
  18. Saya gak begitu tertarik nonton anime. Jadi, cukup membaca reviewnya saja deh.. Meskipun begitu, jadi ikut jedag-jedug juga :D

    BalasHapus
  19. Nonton anime memang selalu seru ya. Apalagi cerita romansa remaja ;)

    BalasHapus
  20. Ini anime ya gemesin banget alur ceritanya dari awal. Memang kisah cinta masa remaja itu selalu menyenangkan untuk dilalui, bikin gemes sendiri jadinyaa..

    BalasHapus
  21. Relate sii.. akutu kalo nonton anime juga kadang kebawa sama karakternya yang imut-imut dan pantesan aja banyak karakter anime yang bisa kebawa jatuh cinta sampek in realyfe. Karena Hananoi-nya se green flag ituuh.. Aku paling merinding kalo tau cowonya uda suka sejak lamaaa.. Berasaaaa "Iih ko bisa nahan nahaan gituu sii.. sok kuat luu, Hananoi!!!"

    BalasHapus
  22. Duuuuh mba acha, aku jd pengen nonton πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ€—. Ternyata ada Youtubenya yaa. Baguslah krn anime Jepang ini agak sulit dicari kalo di apk nonton yg mainstream sekarang.

    Kisah cinta remaja gini memang lbh menarik sih. Kdg inget masa lalu aja pas di posisi mereka πŸ˜„πŸ˜„. Dan aku sukaa liat bentuk ilustrasinya, kyk gambar di komik2 yg dulu πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Fanny. Tapi serinya ada masanya di-takeout sih. Ada juga yang cuma bisa ditonton kalau sudah langganan di channel-nya.

      Hapus
  23. Gemes banget beneran unconditional love ya. Mereka nyaman kayak best friend, tapi cocok gitu misal ntar nikah hehe

    BalasHapus
  24. Wah udah lama gak nonton anime gemas seperti ini.. cus langsung pengen nonton!

    BalasHapus

Posting Komentar