Kebut Dua Hari Wisata Keliling Yogyakarta

Memenangkan Hati Pembaca Blog Lewat SEO

Saya terhenyak Apa-apaan ini? Jangan utamakan SEO? Lalu, bagaimana caranya saya bisa memenangkan hati pembaca blog lewat SEO yang membawa saya mempelajarinya selama ini?

belajar seo untuk blog

Kalau dulu buat Akarui Cha alias si Acha ini waktu masih remaja dan memulai petualangannya sebagai blogger di blog Taman Rahasia Cha, menjadi blogger hanyalah sebuah bentuk mengekspresikan diri semata. Tahun beranjak mengajak mendewasa, mulailah menulis di blog jadi salah satu jalan bisa dapat uang jajan tambahan sembari bersenang-senang.

Wajarlah bila saya kemudian tergerak untuk belajar segala rupa teknik SEO bahkan bikin saya punya satu blog lagi yang bahasannya punya niche khusus. Ya kan maunya blog saya juga bisa duduk manis di halaman pertama Google. Jadi terkenal … hahaha.

Sayangnya, kok perjuangannya melelahkan jiwa raga sekali ya. Meletakkan kata kunci harus di sana, belum lagi aturan ini dan itu lainnya. Hingga di suatu malam jelang akhir pekan, saya ikut sesi belajar SEO lagi sama Komunitas BRT. Lha kok malah diminta untuk sedikit mengalihkan pandangan dari segala rupa teknik tersebut di atas. Aduh aduh … ini tuh harus ottoke?

Kelas dari Mas Miftahul Khoir atau sebut saja Mas Miftah, seorang digital marketer yang sudah cukup lama berkecimpung di balik layar suatu situs kesehatan ternama, membawa saya banyak merenung. Nah lho … selama ini sesungguhnya saya menulis di blog untuk siapa?

Benahi Tujuan Belajar SEO

Rupanya, benar pepatah yang mengatakan bahwa segalanya itu bermula dari niat. Termasuk dalam hal belajar.

Bisa jadi, penerapan atas segala rupa teknik SEO yang selama ini saya upayakan, sebab bermula dari niat yang kurang jelas tujuannya, dibumbui pula oleh berbagai kekurangan sana sini lainnya, hasilnya ya saya melangkah bak siput gemas. Lambat.

Selain itu, arah pandang saya atas si tujuan tadi ternyata … kembali lagi, belum tepat sasaran. Wajar bila kemudian semua yang saya pelajari terasa setengah-setengah sekali.

Tambahan lainnya, sepanjang Mas Miftah menjelaskan panjang lebar mengenai pengalamannya mengelola situs kesehatan tempat beliau berkarir lama tadi, saya mendapati intisari bahwa kacau-balau jadinya sebuah blog bila pengelolaannya tanpa perencanaan matang. Tuh kan, Ka Acha kena senggol terus.

Lalu, apa saja sih pesan dari Mas Miftah yang mengajak saja mendadak melakukan evaluasi diri? Iya deh iya, Ka Acha yang bisa dikatakan kadang-kadang labil begini kan jadi melewati awal malam akhir pekan dengan overthinking. Huhuhu … tulungin.

Fokus Ke Positioning Blog Dulu Baru Kelola SEO-nya

Ada satu slide yang mengubah posisi duduk saya yang tadinya santai, asik bersandar, menjadi tegak. Bahasannya tentang positioning.

Positioning sendiri dalam ranah marketing bermakna berbagai langkah yang ditempuh untuk menentukan posisi suatu brand di benak konsumen. Nah, bisa diterjemahkan maknanya pada blog, menjadi berbagai langkah yang dilakukan sedemikian rupa sehingga blog dapat memenangkan hati pembaca sampai ke tahap menjadikannya loyal untuk berkunjung hingga meninggalkan komentar.

Mudah, bukan? Oh tentu saja jawabannya, bukan.

Maka dari itu, lewat penjabaran yang Mas Miftah sampaikan di malam itu, ada tiga poin penting yang butuh perhatian ekstra. Pun di materi ini pulalah, Ka Acha terdiam, serasa ada tombol-tombol yang ditekan, kemudian menyalakan lampu, dan menjadikan segalanya terkoneksi. Astaga … niche lifestyle and travel blog ala Akarui Cha untuk blog ini, apa sudah dijalankan sesuai jalur yang benar.

positioning konten nlog

Lirik saja poin pertamanya yang serupa titah untuk menoleh ke belakang dan menelusuri perjalanan menulis di blog sejauh ini. Apa jiwa yang dihidupkan oleh blog Taman Rahasia Cha ini sukses terpenuhi? Kenapa juga dulu namanya pakai acara ada ‘taman rahasia’-nya, coba?

Perenungan Ka Acha hampir seminggu selepas kelas dari Mas Miftah, bermuara pada suatu ilham. Sesungguhnya, semua akan baik-baik saja kalau saya sebelumnya nggak gampang tergoda untuk jadi palugada alias apa lu mau gue ada, mentang-mentang si personal blog saya ini menyandang status sebagai penghuni ceruk lifestyle.

Hhh … bersyukur sih, belakangan ini memang saya sudah sampai ke tahap insaf. Setiap kali dapat tawaran kerjasama, ya saya pikirkan matang-matang kembali. Cocok atau nggak buat pembaca yang suka mampir ke mari. Jangan sampai mereka keselek gara-gara tulisan tentang anime dan drama, buku bacaan, juga jalan-jalan, serta kulineran seru ala saya, termodai oleh iklan dunia mesin pemotong rumput nih. Misalnya lho ya ini.

Poin selanjutnya tentang ‘jangan utamakan SEO’. Part yang mengajak saya menarik napas dalam. Apakah segala yang saya pelajari — walaupun cuma setitik doang ilmunya – tentang SEO on page akan berakhir sia-sia?

Bersyukur, jawabannya nggak sama sekali. Malah dari sana, Mas Miftah mencerahkan kalau saya kemudian bisa menyinkronkannya dengan penerapan yang tujuan akhirnya bukanlah menyenangkan si search engine, melainkan human alias orang-orang yang mampir karena menemukan blog saya ini.

Pas kan dengan poin terakhir yang menyebut tentang memahami audience? Bagaimana cara Ka Acha memahami kamu yang memasuki Taman Rahasia Cha dengan tujuan untuk menikmati blog ini, baik untuk dapat cerita, atau informasi dan pengalaman.

Oh ya, Mas Miftah pun berpesan untuk memperhatikan kesehatan situs nih. Nah, di sini nih pengalaman belajar soal SEO on Page saya lewat kelas dari Komunitas BRT diulang kembali. Yippiy … benar kan, nggak ada ilmu yang sia-sia dipelajari sejauh ini.

Memang sih, ada PR yang harus saya benahi soal content mapping dan … boleh mewek dulu sebelum ngulik nggak sih? Boleh ya, boleh ya.

Menangkan Hati Pembaca dan Jadikan Mereka Loyal

Istilah content is a king memang mudah disebut, namun penerapannya sungguh pakai perjuangan yang nggak jarang bikin saya pengen ‘nyebut’. Akan berat jadinya kalau blogger-nya tipikal makhluk moody-an.

belajar seo untuk blogger

Apalagi kalau sudah menyebut kata sakral itu tuh, konsistensi. Maklum, dari berbagai amunisi ngeblog bila ingin menemukan banyak peluang dari blog, ada poin konsistensi publikasi sehingga bisa membangun keakraban yang baik dengan pembaca.

Nah … apa kabarnya nih blog saya yang menayangkan tulisannya belum tentu sukses seminggu sekali, kalau misalnya saya lagi jadi anak banyak alasan? Mas Miftah sudah beri saran sih, bagaimana cara mengantisipasinya, biar selalu ada konten baru yang tayang. Tapi kan … bentar, kadang ada saja kejadian nggak terprediksi yang …. Tuh kan, saya mulai bikin alasan lagi. Huhu ….

Walau memang untuk beberapa label, sudah saya lock supaya tayang di hari tertentu dan jam tertentu saja. Tapi kadang saya juga nggak mengikuti aturan tersebut dengan alasan, klien yang mengajak saya bekerjasama punya dana cair menggoda yang lekas bisa membuat saya cincai untuk mengubah apa yang seharusnya tayang, jadi mundur. Lebih lugasnya, deadline dari klien lebih diutamakan.

Dear Mas Miftah, kalau begini ceritanya, pembaca saya bakalan ngambek nggak ya? Omo omo omo … kemarin pas di kelas, kenapa saya nggak terpikir untuk menanyakan hal ini ya?

Bersyukur sempat ada teman sesama blogger yang menanyakan tentang seberapa banyak jumlah internal link yang wajar bila disisipkan dalam suatu blog post. Jawaban beliau apa? Nggak ada aturannya selama memang informasi dari query yang disematkan tadi mendukung si artikel tersebut.

Poin ini pula ikut mengingatkan saya pada deretan blogger lawas yang masih berpegang teguh pada ‘menyajikan konten yang menyenangkan’. Bila masa seru dunia ngeblog yang mereka kisahkan pada Ka Acha, katanya sih ya, sudah kadaluarsa nih, ternyata masih bisa dipertahankan esensinya bila digandengkan dengan penerapan SEO.

Tuh, balik lagi, pembaca yang dimanjakan, bukan si mesin pencarinya. Begitu sih yang terpikir dalam benak saya selepas ikutan kelas ini.

kelas seo komunitas brt

Ah … sungguh kelas yang luar biasa serunya. Sempat bikin kepala saya rasanya berasap juga sih. Bukan karena bahasa penyampaiannya yang sulit dan nggak terjangkau oleh otak Ka Acha, melainkan karena bahasannya mengajak saya melakukan banyak evaluasi terutama di ranah menghadirkan konten yang semoga saja membuat kamu betah untuk mampir berkali-kali ke Taman Rahasia Cha ini.

Terima kasih banyak atas pengetahuan dan keseruannya ya, Mas Miftah. Terima kasih banyak juga saya haturkan kepada Komunitas BRT yang selama ini menjadikan seorang Acha ini terus berkembang setiap harinya sebagai blogger.

Komentar

  1. Kelas sama Mas Miftah ini benar-benar buka mata kemarin ya Mbak. Suka banget deh, beruntung bisa ikuta. Jadi kalau mau bikin blog lagi lebih enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Misal mau buat blog baru lagi, jadi paham harus dibagaimakan ya.

      Hapus
  2. Aku setuju banget, terkadang kita fokus banget ke teknik SEO sampai lupa kalau yang penting itu adalah menyenangkan pembaca dan bikin mereka betah.

    BalasHapus
  3. Seo, sampai sekarang pun aku belum mahir2 banget mbaaa😅😂. Tapi tetep berusaha memahami, walaupun kadang ga bisa atau lupa nerapin 🤭.

    Cuma aku selalu berpegang dengan konten yg aku buat sih. Sebisa mungkin lengkap, kasih manfaat, juga menghibur teman2 yg baca. Itu aja sih. Juga ttg interaksi, buatku penting bangetttt. Itu kenapa aku hanya bisa update seminggu sekali tiap Selasa. Karena hari2 lainnya itu aku pergunakan utk balas komentar dan visit bali temen2.

    Balik lagi ke tujuan asal. Toh aku bikin blog supaya pengalaman traveling ga lupa, daaan dapat banyak teman 😄. Makanya aku ga terlalu nerapin saklek ttg seo dkk nya itu 😆

    BalasHapus
  4. Hiks mba Cha, kamu bener banget bahwa harus fokus pada niat dan menetapkan tujuan mau ngapain ngeblog.
    Aku pun masih carut marut dan palugada terkait ini.
    Beruntung banget bisa mengikuti kelas bersama mas Miftah. Aku Nemu banyak insight dengan paparan di artikel ini.

    BalasHapus
  5. mba cha terima kasih sudah sharing kelas SEO dari mas miftah, jadi makin pingin ikutan juga untuk menjadi bahan evaluasi blog sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar