Kebut Dua Hari Wisata Keliling Yogyakarta

Pernah ada di masa di mana jalan-jalan bukan mengejar nyaman atau cerita, melainkan bisa mendatangi berbagai lokasi dalam waktu singkat dan biaya semurah-murahnya. Walhasil, terwujudah sebuah perjalanan kebut dua hari wisata keliling Yogyakarta.

wisata singkat keliling yogyakarta

Sebenarnya, cerita perjalanan ini sudah berkali-kali Ka Acha singgung dalam potongan cerita perjalanan di Taman Rahasia Cha. Tentang sebuah perenungan akan makna menjadi traveler, dan akhirnya mengubah saya menjadi pejalan yang jarang jalan-jalan.

Dulu itu … nggak tahu kesambet apa ya, waktu diajak short trip ke Yogyakarta, saya ya ayok saja tanpa mencari tahu sebenarnya tujuannya akan ke mana. Lagipula momen jalan-jalannya sama teman-teman semasa kuliahnya si partner. Dijamin seru pastinya.

Lalu … destinasi wisata Yogyakarta mana saja sih yang sukses saya sambangi bersama teman-teman seperjalanan ini?

Museum Ullen Sentalu

Selepas sarapan Nasi Uduk Jakarta – demi apa kalau diingat tuh, Ka Acha auto ngakak … kan kami dari Jakarta, sampai Jogja malah makannya menu Jakarta juga – dengan motor sewaan, kami beriringan menuju ke arah putaran kampus Universitas Gadjah Mada (UGM).

Di sana, kami berjumpa dengan duo gadis yang jarak usianya beda tipislah dengan kami yang juga belum lama lulus kuliah ini. Keduanya akan menjadi pemandu kami pada hari itu.

Semacam konvoi, kami menuju arah Kaliurang. Destinasi pertama tentu saja wisata edukasi. Maka Museum Ullen Sentalu yang harga tiket masuknya termasuk lumayan itu, jadi plihan. Apalagi kan masuk ke dalam pun selalu disediakan tour guide.

museum ullen sentalu

Sepanjang tour keliling museum dengan paket terhemat, saya diajak mengenal tentang budaya membatik khas Jawa. Berbagai motif kain batik, alat musik tradisional, sampai berkenalan dengan sosok Gusti Nurul.

Beliau memiliki nama lengkap Gusti Raden Ayu Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Kusumawardhani. Seorang putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dengan permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer.

Menurut cerita, Gusti Nurul ini punya paras cantik dan ia juga merupakan sosok gadis cerdas. Banyak tokoh yang terpikat padanya. Mulai dari Sutan Sjahrir, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Gusti Pangeran Harjo Djatikoesoemo, bahkan sang bapak proklamator Soekarno.

Sayang, mereka semua ditolak. Alasannya, Gusti Nurul enggan dimadu. Ia berstatus istri yang dipoligami.

Kemudian Gusti Nurul pun menikah dengan seorang perwira yang kala itu berpangkat letnan kolonel. Raden Mas Soerjo Soejarso, namanya.

Bukan hanya itu saja. Di penghujung sesi berkeliling museum Ullen Sentalu, saya disuguhi segelas jamu kesukaan Gusti Nurul, katanya. Jamu Beras Kencur yang rasanya enak, apalagi disajkan dingin setelah lelah diajak berkeliling.

Sejak mengunjungi Ullen Sentalu di kala itu, pandangan Ka Acha pada kain nusantara jadi berbeda. Saya yang sukanya pakai pakaian polosan, jadi belajar sedikit banyak tentang kekayaan wastra nusantara. Bahkan, saya pernah menulis rasa penasaran saya pada kain lantung khas Sumatra di blog ini, bertahun kemudian selepas kunjungan ke Ullen Sentalu.

Tak banyak foto yang saya bawa pulang. Ada aturan khusus bagi pengunjung Ullen Sentalu untuk nggak mengambil gambar apapun di bagian dalam museum.

The Lost World Castle Jogja

Berjarak sekitar setengah lebih sedikit jam saja, konvoi kami sudah sampai ke destinasi kedua selepas dari Museum Ullen Sentalu. Sebab niat jalan-jalan kami banyak momen berfotonya, walhasil motor-motor kami terparkir di area parkir wisata The Lost World Caste.

lokasi foto the lost world castle yogyakarta

Kami sempatkan untuk mampir shalat dzuhur sebentar di sebuah mushola yang kami temukan secara random di tengah perjalanan. Hari itu, letih akibat duduk manis cukup lama dalam kereta kelas ekonomi Bengawan jurusan Pasar Senen - Lempuyangan, masih tersisa.

Jadilah, tak semua rekan seperjalanan ikut masuk ke dalam. Hanya beberapa dan tentu saja Ka Acha ikut serta. Sayang saja rasanya, sudah jauh-jauh main ke Yogyakarta, kalau ujungnya hanya duduk santai sambil makan gorengan di parkirannya doang.

Dengan harga tiket masuk yang sebenarnya nggak mahal-mahal amat, durasi saya dan partner ada di dalam tentu cukup singkat. Berkeliling sebentar. Lalu, jepret. Keliling sedikit lagi. Jepret lagi.

Ya, begitu saja terus. Sampai kami berdua menyadari kalau waktu berkeliling kami sudah cukup lama di sini, sementara beberapa teman lainnya tentu menunggu kami.

Candi Plaosan Lor

Hari jelang senja ketika akhirnya si partner memarkir motor sewaan kami kawasan parkir dari Candi Plaosan. Sebenarnya, jarak dari The Lost World Castle ke Candi Plaosan Lor ini nggak butuh waktu lama.

Plaosan Lor merupakan suatu candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno, dan lokasinya masuk dalam kecamatan Prambanan. Iya memang dekat banget sama daerah wisata Candi Prambanan.

Candi Plaosan merupakan sebuah candi Buddha. Candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani. Sebuah candi yang memadukan unsur Hindu dan Buddha.

wisata candi plaosan lor yogyakarta

Sore itu, saat tiba, keadaan terbilang cukup sepi. Sayang sekali, nggak ada tour guide yang bisa kami sewa jasanya. Akhirnya ya berkeliling dan berfoto sana-sini saja. Padahal, bila ada pemandu kan, kemungkinan akan ada banyak sekali cerita sejarah yang bisa saya bawa pulang.

Jelang langit makin nampak kemerahan, tentu karena lokasi wisata ini juga akan segera tutup pada jam 5 sore, kami semua memutuskan untuk sebentar saja jalan-jalan ke daerah Kotagede. Tapi payahnya sepanjang berkeliling saya malah nggak mengeluarkan ponsel sama sekali. Akhirnya saat menulis cerita ini, cukup sedih juga karena nggak punya dokumentasi.

Kotagede

Berhubung ada pengantin baru dalam rombongan kami, perjalanan spesial dilanjutkan ke Kotagede. Tujuannya, tentu saja untuk membeli cinderamata perak.

Sadar dua sejoli teman dekat si partner saya ini butuh privasi, kami melipir ke tujuan masing-masing dengan tujuan beli oleh-oleh tentunya. Sebab Ka Acha di kala itu nggak terlalu tertarik dengan cinderamata perak, akhirnya masuklah ke sebuah toko random dan membeli jas hujan di sana.

Sepanjang di boncengan tadi, saya mendapati langit Yogyakarta yang nampak digelayuti mendung. Sementara kami semua belum mempersiapkan jas hujan satupun.

Benar saja, saat perjalanan dengan tujuan kawasan Malioboro, hujan mengguyur deras. Beberapa kali saya dan si partner harus menepi, menyelamatkan diri dari curahan air langit.

Sadar kami sudah berjarak cukup jauh dari rombongan, saya dan si partner sepakat untuk kembali ke rumah sewa yang kami jadikan penginapan. Masih ada perjalanan panjang esok hari, saya nggak mau ambil risiko kalau kami berdua masuk angin. Besok tujuan kami bukan hanya ke Puncak Becici, tapi juga ke Pantai Parang Kusumo.

Puncak Becici Yogyakarta

Di pagi hari kedua, saya dan partner sepakat untuk nggak makan menu Nasi Uduk Jakarta lagi. Kami berputar mengelilingi komplek perumahan, hingga di suatu gang yang entah namanya apa dan menuju ke mana, kami jumpa dengan warung Soto Lamongan. Kurang anomali apa coba, kami ini? Benar-benar main ke Jogja tapi sarapannya menu Jawa Timur.

Selepas sarapan dan bersantai sebentar menunggu hari sedikit siang, perjalanan konvoi kami dimulai kembali. Puncak Becici jadi tujuan, kali ini.

wisata jogja puncak becici

Mengunjungi destinasi wisata Puncak Becici Jogja tentu tujuannya adalah trekking tipis-tipis ala-ala. Lokasi yang pas sekali untuk memuaskan hasrat kami untuk berpose dan membawa pulang foto yang bisa di-upload ke social media sebanyak-banyaknya.

Namanya juga main ke lokasi wisata alam di salah satu sudut Yogyakarta kan ya. Mata serasa dimanjakan oleh hijau dan sejuknya pemandangan dari ketinggian. Puas sekali rasanya bisa menghirup udara di kawasan Puncak Becici dalam-dalam.

Hari itu, beruntung langit sedang cukup bersahabat. Nggak ada hujan yang turun. Namun tanah di sekitaran masih cukup licin akibat hujan di malam sebelumnya. Jadilah, saya berkali-kali harus memperhatikan langkah sepanjang mengekori teman-teman.

Wisata Hutan Pinus Mangunan

Sudah puas main di kawasan wisata Puncak Becici bahkan menyempatkan diri untuk makan mie instan ditemani segelas teh tawar hangat demi isi energi lagi, kami kembali menuju lokasi wisata yang jaraknya memang berdekatan. Hutan Pinus Mangunan yang kami sambangi kemudian.

wisata hutan pinus mangunan kaliurang

Populer sebagai lokasi foto, tentu saya dan si partner nggak melewatkan kesempatan dengan cukup banyak mengambil gambar. Sedikit sesal sih, saat itu saya belum berhasil punya kamera yang proper.

Koleksi foto yang dipunya pun seluruhnya ter-capture dalam memori ponsel lama yang masuk kategori hape jadul nih kalau sekarang. Tapi Ka Acha cukup bersyukur. Paling nggak, main ke Hutan Pinus Mangunan jadi lokasi favorit saya kala itu.

Di sini, kami semua menyempatkan diri untuk makan pagi jelang siang alias sarapan sesi kedua. Kami duduk melingkar dalam sebuah warung yang sekujur bangunannya terbuat dari bambu. Bersama sepoi angin jelang siang, semangkuk mie instan spesial pakai telur, menjadi fokus kami masing-masing. Lalu, ditutup oleh teh hangat.

Pantai Parangkusumo

Puas main di gunung, saatnya main ke pantai. Jika dihitung waktu tempuhnya dengan kendaraan roda dua, hanya butuh waktu kurang lebih satu jam saja. Pantai Parangkusumo adalah tujuan kami.

Bagian ini adalah perjalanan yang paling buat saya awas dan waspada. Jalan yang dilalui cukup lengang tapi didominasi oleh kendaraan besar macam bus antar kota antar provinsi. Saya cuma bisa memperbanyak istigfar, sementara si partner terus tancap gas dan fokus pada jalan. Duo gadis yang jadi pemandu kami berani ngebut sekali. Gawat kalau kami sampai ketinggalan rombongan.

pantai parangkusumo jogja

Pantai Parangkusumo dikenal dengan legenda Nyi Roro Kidul. Menurut cerita, pantai inilah yang jadi pintu gerbang utama menuju Kerajaan Selatan.

Saya tentu hanya main air tipis-tipis saja di sini. Membiarkan kaki saya yang telanjang, berjumpa langsung dengan hempasan buih bersama air laut selatan yang dibawa ombak. Itu pun nggak lama, sebab perut mulai minta diisi makan berat.

Siang itu, kawasan Pantai Parangkusumo cukup sepi. Walhasil kami semua berpencar dan berpose sesuka hati.

Jelang benar-benar tengah hari, perut yang mulai lapar lagi membawa kami berpindah ke sebuah warung makan berjarak sekitar sepuluh menit perjalanan. Lokasinya tak jauh dari Pasar Ikan Laut Depok.

Pasar Ikan Laut Depok

Kunjungan ke Pasar Ikan Laut Depok ini bermula dari kebijakan pemilik warung yang nggak menyediakan protein hewani khas pantai segar di warungnya. Pengunjung yang datang diminta untuk membeli sendiri segala rupa ikan yang ingin dinikmati di Pasar Ikan Laut Depok yang memang jaraknya cukup dihampiri dengan berjalan kaki.

Ka Acha sudah pernah cerita belum ya, kalau saya di sini mencicipi sup ikan hiu? Sajian kuliner yang nggak pernah saya duga sebelumnya. Soalnya ya pahamnya, kalau ke Jogja pastilah cari wedhang ronde di Alun-Alun Selatan saja. Entah kenapa di perjalanan kali ini, menu makanannya aneh-aneh semua. Faktor teman seperjalanan nih kayaknya. Hahaha ….

Bermula dari si partner yang menemukan anak ikan hiu yang dijual di Pasar Ikan Depok ini. Akhirnya, ya dia beli dan dibawakan ke warung makan yang bersedia mengolahkan semua belanjaan kami hari itu.

Waktu berlalu. Saya pun menyesal, kini. Dulu nggak paham kalau walau namanya hewan laut itu halal dimakan, ya tapi kan hiu ini biota laut yang terancam punah. Maka sebaiknya nggak ikut dikonsumsi kan ya. Tapi memang masih saja ada nelayan yang menangkapnya.

Rasanya seperti apa? Waktu itu ya, lidah saya mendapati rasanya yang biasa saja. Lebih yummy ikan tongkol malah. Cenderung tawar dengan daging yang termasuk lembut sih.

pasar ikan laut depok bantul

Siang itu, di saung warung yang kami hampiri, kami beristirahat lama sekali. Angin sepoi dari arah pantai, perahu nelayan yang ditambat tak jauh dari lokasi kami berada, aroma amis segar khas laut, ah … kenangan yang menyenangkan.

Hal-hal begini yang sekarang malah bikin saya kangen suasana pantai. Aroma serupa yang kemudian saya hidu juga ketika mencari sunrise di Pantai Timur Pangandaran.

Hari itu, kami menutup pertualangan kebut dua hari wisata keliling yogyakarta dengan kunjungan ke kawasan pantai. Sepulang dari sana, beberapa teman ada yang kembali memutuskan untuk menuju kawasan Malioboro demi berbelanja oleh-oleh.

Ka Acha dan partner pun demikian. Namun kami lebih memilih untuk melakukannya esok paginya, sebelum kami harus bersiap naik kereta dengan tujuan Pasar Senen lagi di siang jelang sore hari.

Kini di usia Ka Acha yang sudah beranjak dari dua puluhan, rasanya saya akan memilik destinasi wisata yang banyak tenangnya. Belum ada rencana lagi untuk menyambangi destinasi wisata secara maraton, mengulangi momen kebut dua hari wisata keliling Yogyakarta begini. Mungkin … lain kali, di kota atau kabupaten yang berbeda.