Fruits Basket Season 2 : Lebih Jauh Mengenal Keluarga Sohma

Inilah konsekuensi yang harus Tohru Honda terima setelah banyak terlibat dengan keluarga Sohma yang dikutuk. Semakin dalam ia mendekat, semakin berbahayalah diri dan hidupnya.

Benarlah kata pepatah. Butuh waktu yang sangat panjang untuk mengenali seseorang, bahkan mencintainya habis-habisan. Pun selalu akan ada hal yang dikorbankan. Begitulah yang anime Fruits Basket Season 2 hadiahkan pada penonton macam saya. Buat Ka Acha menghela napas, merasa sesak, dan ikutan ‘sakit’.

Bila di Fruits Basket Season 1, kehidupan khas remaja yang ringan dan ada banyak momen cinta-cintaan gemes penuh warna merah muda persis musim semi ke musim panas, maka di season selanjutnya ini, rupanya penonton diajak tercengang berkali-kali.

fruits basket season 2 april 2020

Rasanya sedang terkunci dalam labirin yang penuh sekat dan jebakan. Perasaan pun dihantui musim gugur yang sendu dan musim dingin yang kelewat beku. Siap-siap saja kamu bakalan banyak menghela napas sih sepanjang nontonnya.

Profil Anime Fruits Basket Season 2

Judul                     : Fruits Basket Season 2

Tahun Tayang       : April 2020

Tayang Di             : VIU

Durasi                   : 25 episode

Rate Age              : 13 tahun ke atas

Kalau menurut Ka Acha sih, anime Fruits Basket season 2 agak kurang pas dan terlalu berat saja kalau ditonton remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP), soalnya ada unsur suka sesama jenisnya juga. I mean, kalau nonton, ya harus di bawah bimbingan orangtua.

Spoiler tipis boleh kali ya. Banyak yang salah sangka sama Akito Sohma kalau dia tuh penyuka sesama jenis. Ternyata, sebenarnya dia perempuan yang dibesarkan oleh keluarga besar yang toxic dan bikin dirinya jadi manipulatif. Bagaimana cara mengasuh Akito dan segala rupa pemahaman yang ditanamkan padanya? Hmm … mending nonton sendiri deh ya.

Ada beberapa adegan juga yang secara tersirat pun rasanya lebih pantas untuk dinikmati penonton dewasa. Makanya Ka Acha sebut, season ini tuh beneran bikin “sakit”.

Sinopsis Anime Fruits Basket Season 2

Selamat datang di momen liburan musim panas. Seluruh keluarga Sohma yang dipengaruhi oleh roh juunishi, diminta untuk mengunjungi rumah musim panas milik keluarga Sohma yang berada di tepi pantai.

Tadinya, Yuki dan Kyo berniat menolak. Namun melalui berbagai pertimbangan, akhirnya keduanya ikut serta. Tentu saja, Tohru Honda yang sebenarnya orang luar, terbawa juga ke sana berkat ajakan dari Shigure yang bisa banget mempengaruhi Yuki Sohma dan Kyo Sohma untuk menurut, sekaligus membawa serta Tohru Honda.

Dari rumah musim panas itu pulalah, momen Tohru Honda terancam sekaligus ditunjukkan secara terbuka oleh Akito Sohma kalau dirinya sangatlah berkuasa terhadap setiap anak klan Sohma yang dirasuki oleh roh juunishi. Sementara Tohru Honda, sebaik apapun dirinya, dia hanyalah manusia biasa yang nggak akan bisa berbuat apa-apa.

Namun bagaimanapun juga, Tohru Honda yang memang telah lama menetap di rumah Shigure Sohma, jadi perlahan-lahan mengambil hati hampir semua klan Sohma yang tubuhnya dinaungi oleh roh juunishi tadi. Lihat saja, bagaimana Yuki Sohma dan Kyo Sohma di season pertama, saling berebut perhatian dan punya ketertarikan romantis pada Tohru Honda.

Di season kedua, bertambahlah kedewasaan dari karakter Momiji Sohma si kelinci. Dia berubah jadi remaja laki-laki yang selain tumbuh makin tinggi, juga cenderung kelihatan punya ketertarikan khusus pada kehadirannya Tohru. Wah … kebanyakan klan Sohma jatuh sayang sama Tohru nih, makanya Akito selaku dewa jadi makin sensi.

Di sisi lain, kelanjutan kisah romansa antara Yuki Sohma dan Kyo Sohma dengan Tohru Honda, menemukan jawabannya di musim keduanya ini. Akhirnya kelihatan jelas, kepada siapa hatinya Tohru menuju. Bukan ke pangeran Yuki Sohma dong, huhuhu ….

kyo sohma and tohru honda
Ternyata hatinya Tohru lebih condong ke Kyo daripada Yuki

Namun, tentu saja saya nggak sedih. Sempat kecewa sih. Tapi setelah ditelaah lagi, di sinilah momen Yuki Sohma muncul jadi sosok lelaki yang jauh lebih dewasa daripada di sesi sebelumnya.

Saya lekas teringat karakter Mikoto Yuzuki di anime The Yuzuki Family’s Four Sons yang di balik kalemnya dia ketika menyadari hati Tohru sukanya sama siapa, dia nggak memaksa dan cenderung menggali ke dalam dirinya mengenai segala rupa yang dia rasakan setiap kali membersamai Tohru.

Senangnya, di season kedua dari Fruits Basket, ada beberapa karakter baru yang dimunculkan untuk mengeliling Yuki Sohma. Menjadikan Yuki memiliki pengalaman yang baru dalam mengembangkan karakternya sebagai pangeran sekolah, dan tumbuh menjadi lelaki yang gentle sekali. Sebut saja kemunculan Machi Kuragi yang kemudian mampu menarik seluruh perhatian Yuki pada adik kelasnya yang orang biasa tapi hidupnya nggak biasa ini.

yuki sohma and machi kuragi
Yuki lebih menemukan klik sama Machi, bukan Tohru. Demi apa Yuki ganteng luar dalam dong. Makin sayaaaanggg sama karakternya Yuki Sohma

Nah, kisah romance dari Yuki, Kyo, dan Tohru, rasanya di musim kedua yang tayang pada 2020 ini hanyalah pelengkap saja biar ceritanya nggak kelewat gelap dan menyesakkan. Soalnya, scene lainnya benar-benar menguras tenaga mental untuk penonton macam Ka Acha tetap merasa baik-baik saja.

Fruits Basket season 2 membongkar habis-habisan segala luka dari anak-anak di klan Sohma yang dirasuki juunishi. Mulai dari Yuki yang sejak kecil dijual oleh orangtuanya untuk melayani Akito Sohma. Lalu hidup terkurung dengan segala tindak tanduknya yang kalau nggak dipuji habis-habisan, ya diprotes. Tindakan yang membentuk Yuki jadi anak lelaki yang harus sekuat tenaga bertahan dan menyembunyikan kesakitannya sendirian.

Bagaimana Isuzu Sohma alias Rin si pemilik roh kuda, dianiaya segitunya sama Akito. Iya … dia didorong jatuh dari lantai dua sampai kepalanya terluka cuma karena memancing kemarahan Akito. Belum lagi Rin ini nggak diterima sama kedua orangtuanya. Rin punya mama papa, tahu keberadaan mereka, tapi nggak dilibatkan dan didekap selayaknya anak.

Beruntung Rin Sohma ini punya Hatsuharu si pemilik roh kerbau. Tapi, semenjak Akito tahu kalau keduanya terlibat hubungan asmara, bukan Hatsuharu yang habis disiksa, tapi Rin, tentunya. Penyiksaannya seperti apa? Fisik mental kena semua pokoknya. Ka Acha sampai nangis dan nggak habis thinking sama kelakuan Akito Sohma. Beneran “sakit” sih dia.

Siapa coba yang tahan menghadapi sosok yang katanya dirasuki dewa tapi kelakuannya nggak sebaik hati dewa, melainkan gelap banget dan bikin kena mental semua orang yang ada di sekitarnya? Marah, benci, murka, campur aduk bikin saya merasa, mau ikutan marah ya buang-buang tenaga.

Sampai pada satu titik, seluruh empati dan air mata Ka Acha didedikasikan hanya pada Akito Sohma seorang. Wajar bila Akito konslet begitu. Ternyata seisi rumah utama keluarga Sohma memanglah berkontribusi menyakiti sekujur diri Akito sehingga Akito bersikap sebegitunya pada para anak dengan roh juunishi tadi. Luar biasa toksik ya keluarga Sohma ini.

Sepanjang 25 episode, saya mendapati tekad bulat dari Tohru Honda untuk menemukan cara agar Kyo Sohma bisa terlepas dari kewajibannya yang harus masuk ke dalam rumah kurungan saat usianya 18 tahun. Hal serupa yang ternyata juga diusahakan oleh Rin Sohma sedari lama. Cara memutus tali kutukan juunishi yang bersemayam pada setiap anak terpilih di klan keluarga Sohma,

Motifnya Tohru tentu saja jelas. Sementara keinginan kuat Rin pun seirama, walau usaha yang ia lakukan malah cenderung ke ranah mengorbankan diri demi kehidupan yang lebih baik dan tentram bagi Hatsuharu.

Lalu, apa ini juga motif dari Shigure Sohma yang selama ini mendekatkan Tohru Honda si orang luar pada setiap anak dari klan Sohma? Termasuk membuat Tohru pun bisa terkoneksi dengan anak-anak dengan juunishi lainnya yang sudah lebih dewasa?

Apakah usaha dari Rin Sohma berhasil? Adakah cara untuk memutus kutukan juunishi yang menyiksa mental para anak klan Sohma tadi?

Seperti kejutan yang sudah sempat Ka Acha sebutkan di bagian profil anime Fruits Basket season 2 ya, ternyata ada salah satu anggota keluarga Sohma yang dulunya dirasuki juunishi namun bisa melepaskan diri. Dalam artian, ketika dia memeluk atau dipeluk oleh lawan jenisnya, dia nggak akan berubah jadi hewan zodiak. Dia siapa? Kepoin animenya saja ya.

Keluarga Toxic yang Hancurkan Mental Generasi Klan Sohma

Tadi Ka Acha sempat singgung kalau keluarga Sohma ini beracun kan ya? Saya juga sempat bilang kalau penonton akan dibuat tercengang dengan Akito yang kok naksir dan melakukan hubungan "nempel-nempel" sama laki-laki kan ya?

 

akito sohma and shigure sohma
Scene yang bikin penonton salah paham dan mikir kalau Akito Sohma punya "kelainan" karena kok dia laki-laki naksirnya sama laki-laki juga. Tapi ternyata ... ini tuh jebakan buat penonton sebelum banyak menangisi dan berempati sama Akito
(note : walaupun begitu, jan kamu tiru ya ... DOSA!)

Seolah Fruits Basket Season 2 ini membawa pesan tersendiri mengenai pengasuhan lho. Bahwa anak itu bukan hanya tergantung dari bagaimana kedua orangtuanya saja, melainkan seluruh orang dewasa yang terlibat di dalam rumah. Di sini, tentu saja di rumah nan besar bin luas dari keluarga Sohma. Semua orang dewasa di dalamnya terlibat atas siksaan mental ke semua anak yang dirasuki roh shio ini.

Bagaimana sebuah kepercayaan kuno mengenai ikatan antara dewa dengan para juunishi, menghancurkan hubungan anak dengan orangtua sejak awal. Ada anak yang dibuang persis Rin Sohma. Ada yang tahu orangtuanya namun nggak boleh bersikap selayaknya anak seperti Momiji Sohma, alias ingatan salah satu orangtuanya dihapus karena melahirkan anak dengan roh juunishi dalam dirinya.

Sebuah mitos yang dirawat turun-temurun, ada saja sisi negatifnya. Merusak mental dari setiap generasi yang mengalaminya. Membuat mereka terkekang, seolah tak punya kebebasan sejak awal sebagai manusia.

Di sisi lain, terasa sekali betapa patriaki kental dalam anime Fruits Basket musim kedua ini. Lebih terasa lagi ketika nanti kamu menyaksikannya di season 3 ya.

Saya dibawa menyelam ke danau yang airnya berwarna pekat dan dalam. Sesak rasanya. Mengerikan, kalau boleh mengungkapkan seberapa tingkat takut yang saya rasakan bila jadi bagian dari keluarga Sohma. Patriaki inilah yang rupanya mencabik-cabik kehidupan Akito Sohma dan membawa penonton kemudian berbalik iba lalu berempati padanya.

Jadi paham juga, rupanya alasan Shigeru Sohma memilih tinggal di luar lingkungan utama keluarga Sohma dan memanfaatkan kehadiran Tohru Honda pada awalnya. Tingkahnya Shigeru Sohma selama ini ternyata sebuah perlawanan yang lembut dan tipis tapi kuat sih.

Banyak sekali pelajaran mengenai masalah mental dan segala hal yang memicu juga memancingnya, terangkum dalam kisah gelap dan menyesakkan dada di Fruits Basket Season 2. Kamu akan makin diajak berempati sama semua tokohnya hingga di episode terakhir. Bersiap menangis tersedu sepanjang menonton ya.

 

Komentar